Informasi

PERATURAN DAN SYARAT-SYARAT PENGIRIMAN FLASHLOG

PERATURAN DAN SYARAT-SYARAT PENGIRIMAN FLASHLOG
  1. Barang / dokumen yang dikirim akan menjadi tanggung jawab FLASHLOG apabila PENGIRIM telah melunasi biaya pengiriman dsb memiliki bukti tanda terima (asli) dari pihak FLASHLOG.

 

  1. Barang-barang yang dilarang untuk dikirim adalah sebagai berikut:
    1. Uang Tunai, Surat-surat berharga (cek, giro, obligasi, saham, sertifikat, BL, L/C, credit card, dan sejenisnya.
    2. Perhiasan , batu-batu berharga (jewellery)
    3. Barang yang mudah meledak, beracun, atau dapat merusak barang-barang lainnya. (Prohibited / corrosive / explosive item).
    4. Barang yang menimbulkan bau secara tajam.
    5. Narkotika, Minuman keras dan obat-obatan terlarang sejenisnya.
    6. Barang cetakan, rekaman atau barang lain yang bertentangan dengan nilai kesusilaan, SARA dan dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban umum.

 

  1. FLASHLOG tidak melakukan pemeriksaan isi kiriman, sehingga apabila terjadi ketidaksesuaian antara isi kiriman dan pernyataan tertulis pada Airwaynill yang dapat mengakibatkan pelanggaran hukum, maka pihak pengirim bertanggung jawab sepenuhnya tanpa melibatkan FLASHLOG atas pelanggaran hukum yang terjadi. Namun demikian apabila barang / dokumen yang dicurigai maka FLASHLOG berhak melakukan pemeriksaan atas barang dan dokumen tersebut.

 

  1. Pihak FLASHLOG tidak bertanggung jawab atas hal-hal sebagai berikut:
    1. Resiko teknis yang terjadi selama dalam pengangkutan yang menyebabkan barang yang dikirim tidak berfungsi atau berubah fungsinya, baik menyangkut mesin atau barang sejenis maupun barang Elektronik seperti: TV, Kulkas, Komputer, Disket, Video, Mesin cuci, dan barang-barang elektronik sejenis lainnya.
    2. Penahanan / penyitaan serta pemusnahan terhadap barang / dokumen yang dilakukan oleh instansi pemerintahan berwenang seperti: Bea Cukai, Karantina, Kepolisian, Kejaksaan dan instansi lainnya baik dalam wilayah hukum Indonesia maupun di negara tujuan sebagai akibat hukum dari keadaan jenis barang / dokumen yang bersangkutan.
    3. Kerusakan atau kehilangan barang / dokumen yang disebabkan karena bencana alam, huru-hara, perang (force majeure) serta pencurian, perampokan dan pembajakan.
    4. Kebocoran, kerusakan, termasuk pembusukan jenis kiriman berupa: barang cair, pecah belah, makanan / buah-buahan, tumbuh-tumbuhan, dll.
    5. Kehilangan atau kerusakan barang atau dokumen yang diakibatkan ketidak semupurnaan pembungkusan yang tidak sesuai dengan standar ketentuan yang berlaku.
    6. Semua kerugian yang tidak langsung yang diabaikan oleh keterlambatan, kehilangan dan kerusakan barang / dokumen.

 

  1.  
  1. Untuk kiriman yang bernilai atau beresiko tinggi atau mudah pecah / rusak (alat kedkteran, elektronik, handphone, pecah belah, dll) agar diasuransikan oleh pihak PENGIRIM atau menggunakan asuransi yang disediakan oleh FLASHLOG.
  2. Bilamana terjadi kehilangan atau kerusakan atas barang / dokumen yang dikirim tanpa perlindungan asuransi dan disebabkan karena kelalaian  : FLASHLOG, maka FLASHLOG, akan melakukan penggantian maksimum 10 kali biaya pengiriman barang / dokumen yang hilang atau maksimum Rp. 1.000.000 (Satu Juta Rupiah) dengan melihat nilai terendah.
  3. Tuntutan penggantian kerugian hanya dapat diselesaikan dikantor FLASHLOG kota asal pengiriman disertai dengan surat tuntutan dari pemilik barang, airwaybill asli dan lampiran yang diperlukan.

 

  1. Batas waktu tuntutan selambat-lambatnya diterima 1x24 jam dari tanggal yang tertera di dalam airwaybill pengiriman.

 

  1. Kiriman dianggap telah diterima dalam kondisi baik dan sah secara hukum, apabila penerima telah menanda tangani tanda bukti pengiriman. Dengan demikian segala ancaman tuntutan yang dilakukan setelah penyerahan / penanda tanganan barang kiriman tidak lagi menjadi tanggung jawab FLASHLOG.

 

  1. Sarana angkutan untuk tujuan beberapa kota tertentu dan atau dalam keadaan terpaksa maka pihak FLASHLOG berhak menggunakan transportasi laut, sungai, atau darat untuk melaksanakan pengiriman barang / dokumen ke kota-kota tujuan.

 

  1. Jumlah nilai tuntutan penggantian atau kerugian tidak dapat diperhitungkan dengan jumlah tagihan dari FLASHLOG

 

  1. Perhitungan berat kiriman didasarkan pada timbangan FLASHLOG yang telah di tera, berat diukur dengan dua pendekatan yaitu berdasarkan timbangan (actual weight) dan beerdasarkan dimensi atau volume barang, dimana berat terbesar dianggap sebagai berat yang disetujui. Rumus berat dimensi / volumetric adalah PxLxT (cm) / 6000 untuk udara, PxLxT (cm) / 4000 untuk darat, PxLxT (cm) untuk Laut.